Tatarucingan Sunda - Dibalik kreatifitas orang Bandung tea !!


Tatarucingan Sunda itu rumit? kenapa rumit, karena sobat bukan orang Bandung, pasti gak akan ngerti bahasa Sunda, makanya belajar dulu bahasa sunda he.. he.. , so ada apa dibalik tatarucingan sunda? apakah sesuai judulnya, "Tatarucingan Sunda - Dibalik kreatifitas orang Bandung tea", Saya, (Ganjar) sebagai salah satu warga Bandung Jawa Barat merasa prihatin dengan keadaan para pemuda atau mojang dan jajaka Bandung yang mulai meninggalkan seni seni Bandung Sunda. Kamarana atuh orang Sunda teh?

Saya tidak mengatakan kesenian Tatarucingan Sunda sudah hilang, tetapi jika saya perhatikan, anak-anak sekarang habis waktunya untuk bermain teknologi semisal bermain facebook atau pun maen pb di tempat game online. Jadi,, kumaha atuh yeuh anak-anak Bandung teh, masa kesenian ini akan hilang? kalau boleh jujur, saya ingin menulis bahasa sunda dalam artikel ini, tetapi berhubung sepertinya google belum memiliki google translate untuk bahasa sunda indonesia, jadi saya buat dulu di bahasa indonesia

Saya hanya ingin menyampaikan pesan "Tatarucingan Sunda - Dibalik kreatifitas orang Bandung", ini adalah salah satu tebak-tebakan dalam bahasa indonesianya, memang sepertinya sepele, tetapi dalam beberapa acara hiburan ataupun dalam panggung, acara wayang golek, permainan tatarucingam sunda sering dipakai, karena selain bisa menghibur para penonton, biasanya, kata-kata dalam bahasa tatarucingan sunda memiliki struktur kuno, dan saya sendiri sebagai orang terkadang tidak mengerti beberapa kata asli Sunda . Jangan anggap remeh atau mudah, jujur tatarucingan sunda sangat menarik perhatian saya, selain dapat menghibur juga dapat menambah ilmu pengetahuan kita, benar bukan..

0 comments:

Posting Komentar

Pilih ANONYMOUS
atau Name / URL : kasih nama aja URL gak usah kalo gak punya jika tidak punya akun. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

nb : komentar sebelum muncul akan di moderate dulu ya.. banyak spam.. ^_^.